Kegagalan Pasar atau dalam bahasa Inggrisnya di sebut Market Failure adalah di sebabkan oleh beberapa hal seperti :
1. Informasi yang tidak sempurna.
kurang tepatnya informasi bisa menyebabkan kegagalan pasar. itu karena barang yang di pesan terkadang tidak sesuai dengan apa yang di sediakan atau di supplay oleh pihak produsen kepada pihak konsumen dan hal ini akan menyebabkan kegagalan dalam hal produksi dan pemasaran.
2. Kekuatan Monopoli
Monopoli perdagangan sering kali di sebabkan oleh perusahaan besar yang tidak memiliki pesaing dala usahanya, sehingga dengan leluasa dia bisa mengatur harga bahkan bisa mempermainkan harga suatu barang atau jasa.
3. Eksternalitas
dalam faktor ini ada pihak yang di rugikan, seperti limbah suatu perusahaan yang mencemari lingkungan di sekitar tempat usahanya. hal ini bisa menyebabkan kesenjangan antara masyarakat dengan perusahaan yang telah mencemari lingkungan mereka.
4. Barang-barang publik
Barang-barang pubilk semisal jalan umum,taman atau jemabatan adalah barang yang di konsumsi oleh banyak orang tanpa memperhatikan nilai yang harus di bayar oleh penggunanya, semisal bisa saja orang yang tidak pernah bayar pajak memakai jalan sepuasnya di banding dengan orang yang membayar pajak secara rutin.
untuk itu perlu adanya Intervensi pemerintah,agar semua barang-barag publik tersebut dapat terkontorol, tujuan dari Intervensi pemerintah sendiri adalah :
1. Menjamin agar hak konsumen terjaga.
2. Menjaga pertumbuhan Ekonomi agar stabil.
3. Mengawasi aktivitas perusahaan-perusahaan besar.
4. Menyediakan barang-barang publik.
5. Menghindari terjadinya Eksternalitas.
Demikian sebab-sebab terjadinya kegagalan pasar, dan kegagalan pasar bisa di cegah dengan adanya campur tangan atau Intervensi dari pemerintah. Namun tidak menutup kemungkinan dengan adanya Intervensi pemerintah malah terjadinya kegagalan pasar yang bersifat semu. untuk itu agar terjadinya kegagalan pasar bisa di cegah. adalah harus adanya peran serta masyarakat di dalam mengawasi segala kegiatan ekonomi yang ada, sehingga kita tidak sepenuhnya tergantung kepada pemerintah.
1. Informasi yang tidak sempurna.
kurang tepatnya informasi bisa menyebabkan kegagalan pasar. itu karena barang yang di pesan terkadang tidak sesuai dengan apa yang di sediakan atau di supplay oleh pihak produsen kepada pihak konsumen dan hal ini akan menyebabkan kegagalan dalam hal produksi dan pemasaran.
2. Kekuatan Monopoli
Monopoli perdagangan sering kali di sebabkan oleh perusahaan besar yang tidak memiliki pesaing dala usahanya, sehingga dengan leluasa dia bisa mengatur harga bahkan bisa mempermainkan harga suatu barang atau jasa.
3. Eksternalitas
dalam faktor ini ada pihak yang di rugikan, seperti limbah suatu perusahaan yang mencemari lingkungan di sekitar tempat usahanya. hal ini bisa menyebabkan kesenjangan antara masyarakat dengan perusahaan yang telah mencemari lingkungan mereka.
4. Barang-barang publik
Barang-barang pubilk semisal jalan umum,taman atau jemabatan adalah barang yang di konsumsi oleh banyak orang tanpa memperhatikan nilai yang harus di bayar oleh penggunanya, semisal bisa saja orang yang tidak pernah bayar pajak memakai jalan sepuasnya di banding dengan orang yang membayar pajak secara rutin.
untuk itu perlu adanya Intervensi pemerintah,agar semua barang-barag publik tersebut dapat terkontorol, tujuan dari Intervensi pemerintah sendiri adalah :
1. Menjamin agar hak konsumen terjaga.
2. Menjaga pertumbuhan Ekonomi agar stabil.
3. Mengawasi aktivitas perusahaan-perusahaan besar.
4. Menyediakan barang-barang publik.
5. Menghindari terjadinya Eksternalitas.
Demikian sebab-sebab terjadinya kegagalan pasar, dan kegagalan pasar bisa di cegah dengan adanya campur tangan atau Intervensi dari pemerintah. Namun tidak menutup kemungkinan dengan adanya Intervensi pemerintah malah terjadinya kegagalan pasar yang bersifat semu. untuk itu agar terjadinya kegagalan pasar bisa di cegah. adalah harus adanya peran serta masyarakat di dalam mengawasi segala kegiatan ekonomi yang ada, sehingga kita tidak sepenuhnya tergantung kepada pemerintah.